Rabu, 09 Februari 2011

Warga di Pagaralam Sumsel Temukan Bongkahan Batu Emas

Palembang - Warga Dusun Muara Siban, Kecamatan Dempo Utara, Pagaralam, Sumatera Selatan menemukan bongkahan batu yang diduga kuat merupakan butiran emas di Kawasan Bukit Kayu Manis. Untuk memastikan kandungan emas di batu berwarna putih mengkilap tersebut, warga membawahnya ke Bagian Sumber Daya Alam Pemkot Pagaralam untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.
Bongkahan batu sebesar kepalan tangan orang dewasa tersebut berwarna putih mengkilap yang disertai butiran kuning ke emasan, selain itu saat dipegang agak keras terasa ada butiran yang lepas. "Masyarakat setempat sudah lama melakukan penggalian untuk mencari emas di daerah ini," kata Burlian (52) Warga Dusun Muara Siban, Kelurahan Muara Siban, Kecamatan Dempo Utara, Pagaralam, kepada pers, yang menemukan bongkahan batu emas tersebut, Senin (07/02/2011).
Dikatakannya, penemuan batu yang diduga kuat bongkahan emas tersebut, bermula ketika ia bersama warga lainya berburu babi. Saat itu, tanpa disadari, ia melihat hamparan batu napal yang berwarna keputihan. Kaget dan penasaran, ia memecahkan salah satu bagian batu. Setelah itu ia membawanya pulang dan memberitahukan kepada pengrajin emas di Bengkulu.


Setelah dilakukan pengecekan ternyata batu tersebut mengandung emas dan dapat diolah menjadi emas murni yang mempunyai nilai jual yang tinggi. "Sebenarnya keberadaan batu emas ini sudah lama, tapi karena takut terjadi hal-hal yang tidak dinginkan saya sengaja memendam keberadaannya," ujar Burlian.

"Batu ini berada di kawasan kebun Kopi di kaki bukit kayu manis, Muara Siban, yang mana jika dilihat dari kondisi yang ada batu emas tesebut menempel di napal bukit," ujarnya.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Kota Pagaralam Imam Pasli yang menerima laporan dari warga tersebut mengatakan untuk memastikan kandungan emas pada batu tersebut maka pemerintah kota Pagaralam dalam hal ini Bagian Sumber Daya Alam akan melakukan pengecekan lebih lanjut.



"Memang kita sudah menerima laporan dari warga mengenai adanya temuan bongkaha batu yang mengandung emas tersebut, untuk itu guna memastikan kalau benda ini adalah benar-benar emas. Pemerintah Kota Pagaralam melalui Bagian Sumber Daya alam akan segera melakukan penelitian lebih lanjut," katanya.

sumber : http://www.detiknews.com/read/2011/02/08/000746/1562155/10/warga-di-pagaralam-sumsel-temukan-bongkahan-batu-emas?9911022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar