Sabtu, 10 April 2010

Tipe Pemimpin yang seperti apa yang ada didalam diri kita???

Seperti yang tertulis dalam al-quran bahwa setiap manusia adalah seorang Khalifah/ dimuka bumi. Apa yang dimaksud dengan pemimpin?, ada berapa macam tipe pemimpin?. Disini akan dibahas tentang tipe-tipe pemimpin, dan harapannya akan dapat memberikan gambaran kepada diri kita bahwa tipe pemimpin apa yang cocok untuk kita.
Hersey dan Blanchard ( 1985 ) mendefinisikan leadership sebagai suatu proses mempengaruhi kegiatan – kegiatan seseorang atau sekelompook orang dalam usaha mencapai suatu tujuan dalam situasi tertentu. Gibson, et al. ( 1985 ) memberikan definisi leadership sebagai suatu upaya penggunaan jenis pengaruh bukan paksaan ( concoersive ) untuk memotivasi orang – orang mencapai tujuan tertentu. Dengan kata lain seorang leader adalah seorang yang mempunyai daya untuk menarik orang lain dengan tanpa paksaan aga mereka secara bersama – sama mewujudkan visinya.
Ada beberapa macam gaya pemimpin, gaya kepemimpinan menjadi lima yaitu :
 Improverised leadership : leader yang selalu menghindari tanggung jawab, kurang memperhatikan orang dan produksi.
 Country club leadership : leader terlalu memperhatikan pada kepentingan karyawan, dan kurang memperhatikan produksi akibatnya produktivitas rendah dan target produksi tak tercapai.
 Task leadership : leader yang terlalu banyak memperhatikan pada produksi/tugas dan kurang terhadap karyawan ; produktivitas rendah akibat karyawan sewaktu – waktu dapat diganti.
 Team leadership : leader yang memperhatikan karyawan dan produksi tinggi dan seimbang. Gaya ini paling efektif, karena produktivitas, hubungan kerja, kreatifitas karyawan sangat baik.
 Middle of the road leadership : leader yang hanya cukup memperhatikan dimensi manusia dan memprtahankan moral karyawan. Hubungan atasan dan karyawan bersifat kebapakan, sehingga melemahkan inisiatif dan kurang memberikan motivasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar